Dasar Dasar Python

Dasar Dasar Python

Sisi utama yang membedakan Python dengan bahasa lain adalah dalam hal aturan penulisan kode program. Bagi para programmer di luar python siap-siap dibingungkan dengan aturan indentasi, tipe data, tuple, dan dictionary. Python memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bahasa lain terutama dalam hal penanganan modul, ini yang membuat beberapa programmer menyukai python. Selain itu python merupakan salah satu produk yang opensource, free, dan multiplatform Python merupakan bahasa pemrograman yang freeware atau  Perangkat bebas dalam arti sebenarnya, tidak ada batasan dalam penyalinannya atau mendistribusikannya. Lengkap dengan source codenya, debugger dan profiler, antarmuka yang terkandung di dalamnya untuk pelayanan antarmuka, fungsi sistem, GUI (antarmuka pengguna grafis), dan basis datanya

Python
Python

Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai macam sistem operasi karena sifatnya yang multiplatform. Pada kebanyakan sistem operasi linux, bahasa pemrograman ini menjadi standarisasi untuk disertakan dalam paket distribusinya. Seperti halnya bahasa pemrograman dinamis, python seringkali digunakan sebagai bahasa skrip. Saat ini kode python dapat dijalankan pada sistem berbasis: Linux/Unix, Windows, Mac OS X, OS/2, Amiga, Palm, Symbian (untuk produk-produk Nokia)

Kelebihan dan kekurangan Phyton

Adapun kelebihannya :

  • Tidak ada tahapan kompilasi dan penyambungan (link) sehingga kecepatan perubahan pada masa pembuatan system aplikasi meningkat.
  • Tidak ada deklarasi tipe sehingga program menjadi lebih sederhana, singkat, dan flexible.
    • Mungkin lu mau nyoba print 2 x ‘MS’ dan cek apa yang nongol!

  • Manajemen memori otomatis yaitu kumpulan sampah memori sehingga dapat menghindari pencatatan kode
  • Tipe data dan operasi tingkat tinggi yaitu kecepatan pembuatan system aplikasi menggunakan tipe objek yang telah ada
  • Pemrograman berorientasi objek

Adapun kekurangannya :

  • Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C. hal ini disebabkan karena python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.
  • Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip antarmuka untuk mereka.

Sebenernya gw lumayan salut dengan bahasa pemrograman yang satu ini, karena penggunaannya yang luar biasa, ini bahasa yang bisa digunakan untuk bangun websites sebut saja Framework Djanggo, Flask atau Pyramid. udah banyak tutorial bahasa indonesianya juga keknya. Python juga merupakan bahasa yang digunakan dalam pengembangan Odoo ERP yang merupakan salah satu ERP terbanyak penggunanya, Bisa juga untuk pemrograman desktop, bahkan sampai ke microcontroller programming (ini istilahnya bener ga ya?). Dan karena bahasanya sendiri open source, pengembangannya jadi dirasa unlimited, tutorialnyapun mudah dicari.

 

About Marianas

Noobz Gamer, Coopz Programmer.
korban COBOLonisme Gundar Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *